PELAKSANAAN ANBK (ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER)

Friday, 20 Aug 2021

PELAKSANAAN ANBK (ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER)

Friday, 20 Aug 2021

(Auladi) Di tahun ini pemerintah pertama kalinya akan melaksanakan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) bagi seluruh Sekolah Dasar yang ada di Indonesia. Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Program ini sudah disosialisasikan ke seluruh sekolah di tahun pembelajaran kemarin termasuk SDIT Auladi Palembang. Dalam program yang akan dilaksanakan ini, SDIT Auladi akan menunjuk seorang proktor sebagai operator pengontrol jalannya kegiatan ANBK. Untuk proktor di SDIT Auladi SU II yaitu Masayu Aisyah Wahyuni, A. Md. , untuk di SDIT Auladi Sako di pegang oleh Meisa Yulianti, S. Pd.I., dan di SDIT Auladi Pakjo diproktori oleh Melia, S. Pd serta akan dibantu oleh teknisi juga yaitu Ibrahim, Idrus, S. Pd., dan juga Faisal.

ANBK akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang. Untuk kepastian tanggal SDIT Auladi tinggal menunggu konfirmasi dari Dinas Pendndikan Kota Palembang. Kegiatan ANBK menunjuk siswa yang dipilih secara acak melalui sistem. Untuk di SDIT Auladi SU II ada 35 siswa (30 siswa peserta utama dan 5 peserta cadangan), Sako ada 32 siswa (30 peserta utama dan 2 peserta cadangan) sedangkan yang di SDIT Auladi Pakjo ada 34 siswa terpilih (30 peserta utama dan 4 siswa cadangan).

Untuk mendukung program ini, pihak sekolah akan mempersiapkan sebaik mungkin baik dari fasilitas dan juga kesiapan anak, seperti menyediakan perangkat komputer dan juga jaringan internet serta membeli buku AKM dan memperbanyak latihan soal bagi siswa.

Namun, sebelum pelaksanaan tentu ada simulasi sebelumnya. Untuk jadwal simulasinya sendiri berbeda berdasarkan kecamatan. Pihak sekolah tetap optimis dan yakin bahwa kegiatan ini di Auladi akan berjalan sesuai dengan harapan.